Ukuran Zakat Fitrah

Apakah Anda ingin melakukan zakat fitrah namun tidak mengetahui berapa nilai yang harus Anda bayar? Pada panduan kali ini kami akan memberitahukan kepada Anda apa itu zakat fitrah, berapa nilai zakat fitrah yang harus Anda bayarkan, dan juga niat dalam melakukan zakat fitrah.

 Apa itu Zakat Fitrah?

 Zakat fitrah merupakan salah satu ibadah wajib yang dilakukan umat Muslim yang berkecukupan. Zakat ini sendiri  wajib ditunaikan oleh umat muslim setiap setahun sekali saat Idul Fitri, yang berupa makanan pokok sehari-hari seperti beras dan jagung. Lalu menurut Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), pengertian zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan untuk setiap jiwa umat muslim yang dilakukan setiap Ramadhan menjelang Idul Fitri. Secara bahasa zakat fitrah berasal dari Bahasa Arab, yaitu fithri artinya berbuka dan fithrah yang artinya adalah badan. Hal ini dikarenakan,  zakat fitrah dikeluarkan pada penghujung blan Ramadhan dan zakat dan bermanfaat untuk membersihkan jiwa. Zakat fitrah dapat pula diartikani sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu. Sebab, pada dasarnya ibadah ini adalah memberikan makan pada masyarakat miskin dan kurang berkecukupan.

 

Zakat Fitrah, Berapa Nilai yang Harus Dibayar?

Zakat fitrah sendiri hukumnya wajib dan dapat dibayarkan sejak 1 (satu) Ramadhan dan berakhir sebelum sholat idul fitri. Untuk soal besaran zakat fitrah, mayoritas ulama bersepakat yakni 1 sha’ (sekitar 2,7 sampai 3 kilogram). Zakat fitrah dapat dibayar dengan beras yang menjadi makanan pokok masyarakat sehari-hari  Selain itu zakat fitrah juga bisa dibayarkan dengan makanan pokok selain beras, seperti jagung, gandum atau sagu. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan HR. Muslim, hadits nomor 985 “Pada masa Rasul shallallahu ala’ihi wasallam, kami mengeluarkan zakat fitrah sebanyak satu sha’ makanan, dan pada waktu itu makanan kami berupa kurma, gandum, anggur, dan keju.”:Lalu, sebagian ulama membolehkan zakat fitrah dibayarkan dengan uang tunai seharga makanan pokok sesuai dengan ukuran dalam bentuk bahan makanan pokok.

 

Niat Melakukan Zakat Fitrah

 Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

 

 نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكاَةَ اْلفطر عَنْ نَفْسِيْ فَرْضًالِلهِ تَعَالَى

 “Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala.” Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.”

 

 Niat Zakat Fitrah untuk Seluruh Anggota Keluarga, Termasuk Diri Sendiri

 

 ََُْ َْ َُِْ ََﺎﺓَ ﺍﻟِِْْ َنِّيْ ََْ َِِْ َ ََُْنِيْ َََﺎﺗُُْ ًَْ َْﺿً ﻟﻠﻪِ ََﺎﻟَ

 “Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala.”

 

Niat Zakat Fitrah untuk Istri

 

ََُْ َْ َُِْ ََﺎﺓَ ﺍﻟَِِْْْ ََِْْ َْﺿً ِﻟﻠﻪِ ََﺎﻟَ

 “Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an zaujati fardhan lillahi ta’ala.” Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah Taala.”

 

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-Laki

 

 ََُْ َْ َُِْ ََﺎﺓَ ﺍﻟِِْْ َْ ََِْ َْﺿً ﻟﻠﻪِ ََﺎﻟَ

 “Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi (…..) fardhan lillahi ta’ala.” Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku … (sebutkan nama), fardhu karena Allah Taala.”

 

 

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

 

ََُْ َْ َُِْ ََﺎﺓَ ﺍﻟَِِْْْ ِِْْ َْﺿً ﻟﻠﻪِ ََﺎﻟَ

 “Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an binti (…..) fardhan lillahi ta’ala.”

 Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku … (sebutkan nama), fardhu karena Allah Taala.”

 

Niat Zakat Fitrah untuk Orang Lain yang Diwakilkan

 

 ََُْ َْ َُِْ ََﺎﺓَ ﺍﻟِِْْ َْ (..…) َْﺿً ﻟﻠﻪِ ََﺎﻟَ

 Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an (……) fardhan lillahi ta’ala.” Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk … (sebutkan nama spesifik), fardhu karena Allah Taala.”

 

Kesimpulan

 Itulah pembahasan lengkap mengenai zakat fitrah, berapa nilai yang harus dibayarkan untuk zakat fitrah, hingga niat untuk melakukan zakat fitrah. Jika Anda ingin melakukan zakat fitrah dengan mudah, praktis, dan tepat sasaran, Anda bisa melakukan zakat fitrah melalui Laznas PYI Yatim dan Zakat, yang bisa Anda akses melalui pantiyatim.or.id Laznas PYI Yatim & Zakat adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) berdasarkan SK Kemenag RI No.120 Tahun 2019. Bertekad menjadi lembaga pengelola dana ZISWAF yang berkhidmat menangani anak yatim/piatu dan terlantar serta memberdayakan kaum dhuafa.

Jadi tunggu apalagi? Salurkan zakat fitrah Anda lebih mudah dan aman melalui pantiyatim.or.id