Tips Mengolah MPASI Agar Nutrisi yang Terkandung Tidak Hilang

Tips Mengolah MPASI Agar Nutrisi yang Terkandung Tidak Hilang

Salah satu tantangan dalam mengolah MPASI adalah menjaga nutrisi bahan yang digunakan agar tidak hilang. Pasalnya, kesalahan pengolahan bisa menyebabkan nutrisi tidak maksimal dan manfaat MPASI menjadi minimal. Oleh karenanya, mengetahui tips mengolah MPASI menjadi hal yang sangat penting.

Perlu diketahui bersama bahwa MPASI adalah makanan pendamping ASI. Oleh karenanya, makanan ini tidak bisa dijadikan pengganti ASI karena si kecil yang berusia 6 bulan ke atas masih memerlukan ASI dalam jumlah yang cukup.

Nah, dengan mengolah MPASI yang tepat, maka si kecil nantinya akan mendapatkan tambahan nutrisi selain dari ASI. Lantas, apa saja tips yang perlu diketahui untuk mengolah MPASI agar nutrisi yang ada di dalamnya tidak hilang? Simak ulasannya!

Mengolah MPASI yang Tepat Agar Nutrisi Tidak Hilang

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa mengetahui tips mengolah MPASI menjadi penting agar Anda bisa menghidangkan MPASI yang bergizi dan bernutrisi bagi si kecil. Nah, ada beberapa tips mendasar yang perlu diketahui perihal mengolah MPASI yang tepat agar nutrisi tidak hilang.

Beberapa tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Memastikan bahan yang berkualitas

Nutrisi pada MPASI yang diolah akan maksimal jika Anda menggunakan bahan yang berkualitas. Misalnya, ketika hendak membuat bubur sayur, maka ada baiknya jika Anda menggunakan sayuran dengan kualitas yang baik dan kondisi yang masih segar.

  • Menggunakan air matang dan bersih

Ketika mengolah MPASI, maka pastikan Anda menggunakan air yang matang dan juga bersih. Air yang matang cenderung disarankan karena air tersebut sudah bebas dari bakteri dan juga steril. Selain itu, air matang juga cenderung lebih ampuh untuk mengikat nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan yang digunakan.

  • Hindari menggunakan blender untuk menghaluskan

Salah satu tips mengolah MPASI yang sangat penting diketahui adalah hindari menggunakan blender untuk menghaluskan bahan. Bisa dikatakan bahwa blender banyak menjadi pilihan karena cenderung lebih praktis dan lebih cepat.

Alasan blender perlu dihindari adalah karena alat yang satu ini justru bisa menguraikan nutrisi dari bahan olahan MPASI. Selain itu, blender akan membuat tekstur MPASI menjadi terlalu lembut. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan saringan kawat untuk melumatkan MPASI.

Beberapa hal di atas adalah tips dasar mengolah MPASI yang perlu diketahui. Sebagai tambahan, Anda juga perlu menghindari memasak MPASI terlalu lama.

Mengatasi Si Kecil yang Tidak Mau MPASI

Terkadang, di awal pemberian MPASI, si kecil akan menolak makanan yang diberikan. Terkait hal ini, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Pertama, pastikan jika si kecil sudah masuk waktu untuk mendapatkan MPASI berikut memiliki beberapa ciri tertentu. Juga, buat menu MPASI yang sesuai dengan usia mereka, terutama perihal tekstur yang digunakan. Terkait tekstur, Anda bisa menyesuaikannya dengan tips mengolah MPASI sesuai usia si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *