Sebab Kenapa Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Asuransi mobil terbaik sangat berguna untuk meringankan beban resiko pada mobil anda apabila terjadi hal diluar dugaan. Dengan memiliki asuransi, kerugian yang dialami bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Namun demikian, banyak juga pemilik asuransi yang kesulitan dalam mengajukan klaim, bahkan ada pula klaim asuransi yang ditolak.

Sebab Kenapa Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Bagi para pemilik polis asuransi perlu mencermati keadaan yang bisa membuat pengajuan klaimnya diterima maupun ditolak. Seluruh penjelasan yang terdapat pada klausul perlu dipahami dengan baik. Nah, di bawah ini beberapa penyebab kenapa klaim asuransi mobil bisa ditolak.

1. Dokumen Pengajuan Klaim Kurang Lengkap

Jika anda ingin mengajukan klaim asuransi, ada baiknya anda memeriksa dokumen yang diperlukan secara cermat. Pastikan anda menyertakan dokumen yang lengkap berupa fotokopi STNK dan juga SIM, form pengajuan klaim dan fotokopi polis asuransi.

Surat keterangan pihak polisi umumnya juga diperlukan apabila kerusakan yang dialami cukup berat. Disamping itu, anda juga perlu memberikan bukti foto yang akurat pada pihak asuransi.

2. Polis Tidak Aktif

Polis asuransi kendaraan bisa saja dalam kondisi tidak aktif akibat beberapa faktor. Kondisi tersebut dikenal dengan lapse. Penyebab kondisi ini salah satunya adalah pembayaran premi yang sudah jatuh tempo. Jika polis sudah tidak aktif, pastinya pihak asuransi tidak akan menerima pengajuan klaim.

3. Pengajuan Klaim Sudah Lewat Batas Waktu yang Ditentukan

Penyebab klaim ditolak yang lain yakni laporan kerugian atau kerusakan sudah terlambat. Asuransi selalu menawarkan batasan waktu tertentu untuk pengajuan klaim. Jika sudah lewat dari waktu tersebut maka pengajuan klaim akan ditolak. Anda harus segera mengurus klaim asuransi sebab batas waktu klaim umumnya singkat yakni 3×24 jam.

4. Kerusakan Terjadi Karena Sengaja

Kerusakan mobil yang diakibatkan oleh perlakuan yang disengaja akan ditolak. Misalnya dengan sengaja menabrakkan mobil ke dinding, memukul mobil supaya penyok maupun menerjang banjir hingga membuat mobil menjadi mogok dan rusak.

Itulah beberapa sebab kenapa klaim asuransi mobil ditolak oleh perusahaan. Bagi anda yang ingin membeli asuransi mobil maka pastikan untuk memilih Insureka. Selain menawarkan pengajuan klaim yang mudah, pihak customer servis Insureka juga akan memberikan pengarahan pengajuan klaim agar bisa diterima dan berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *