Perbedaan Cover Letter dan Curriculum Vitae

Yes, You Need a Cover Letter: Here's How to Make It Good | CFA Institute  Enterprising Investor

Terdapat dua komponen penting dalam menembus seleksi perekrutan tenaga kerja sebagai langkah awal terjun ke dunia kerja. Adapun kedua komponen tersebut yaitu cover letter dan curriculum vitae.

Apabila contoh cover letter dan curriculum vitae disusun secara baik maka berpeluang dalam menunjukkan sisi terbaik kepada perekrut. Oleh karena itu, diperlukan penguasaan mengenai cover letter dan curriculum vitae sebagai bahan pertimbangan pada pekerjaan yang dilamar tersebut.

Karena cover letter dan curriculum vitae adalah dokumen dalam melamar kerja maka harus dipastikan dengan sebaik-baiknya. Jika pengajuan lamaran kerja tersebut dinilai biasa saja oleh perekrut atau dinilai sama dengan pelamar yang lainnya maka dapat berakibat tidak baik untuk peluang lolos dalam mendapatkan pekerjaan tersebut.

Agar dapat menulis dengan baik maka ada beberapa hal yang perlu dipahami mengenai perbedaan antara cover letter dan curriculum vitae. Perbedaannya yang paling terlihat yaitu cover letter ditulis dengan singkat dan padat. Sedangkan pada curriculum vitae ditulis dengan mendetail dan panjang.

Apabila pada curriculum vitae terdapat informasi mendetail tentang pengalaman kerja, keterampilan, latar belakang akademis dan juga prestasi yang telah diraih. Maka pada cover letter berupa dokumen yang ringkas dengan penjelasan alasan melamar pekerjaan tersebut.

Curriculum vitae merupakan dokumen yang ditulis sangat terperinci dan ditulis dalam bentuk daftar dengan keterangan deskripsi dan periode waktu. Sementara itu, cover letter merupakan surat yang berisi poin penting dalam pengalaman dan keahlian sehingga menjadi fokus pembuktian yang menunjukkan sebagai kandidat yang terbaik dan tepat pada pekerjaan yang dilamar tersebut.

Pada cover letter tidak ditemukan daftar pengalaman kerja berupa list seperti yang ada pada curriculum vitae namun seperti surat yang menunjukkan keahlian dan skill yang dimiliki. Agar lebih memahami mengenai perbedaan antara cover letter dan curriculum vitae, berikut ini mengenai perbedaannya secara lebih jelas.

 

Cover letter

  • Konten

Kontennya berisi informasi umum mengenai pengalaman dan skill yang spesifik dan relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar serta terdapat pencapaian khusus.

  • Format

Format dokumen berupa paragraf dan kalimat.

  • Panjang

Panjang surat sebanyak satu halaman.

  • Tujuan

Tujuannya yaitu untuk memberikan informasi tambahan mengenai keahlian khusus dan pencapaian yang relevan dengan bidang yang dilamar.

 

Curriculum vitae

  • Konten

Kontennya berisi data dan fakta latar belakang pengalaman kerja dan akademis secara mendetail dan spesifik.

  • Format

Format surat berupa daftar list dan poin.

  • Panjang

Panjang surat dimungkinkan lebih dari satu halaman.

  • Tujuan

Tujuannya untuk memberikan informasi dengan terperinci dan mendetail.

 

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa cover letter dapat dikatakan sebagai surat perkenalan kepada HRD perusahaan sedangkan curriculum vitae berisi pengalaman dan kemampuan yang dimiliki.

Ketika melamar pekerjaan banyak orang yang hanya mengirim salah satu dari keduanya namun tidak ada salahnya untuk menulis kedua surat tersebut. Karena dari cover letter dan curriculum vitae memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memberikan ringkasan mengenai kemampuan dan pengalaman yang dimiliki pelamar. Selain itu, isinya juga menyatakan tentang informasi yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

Dengan begitu pihak HRD perusahaan yang dilamar dapat mengenal lebih dekat dengan pelamar dan mengetahui tentang kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Sehingga akan berdampak baik agar dapat lolos ke tahap seleksi berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *