Pengertian Teknologi Komunikasi

Apa itu Teknologi Komunikasi?? berikut penjelasannya yang dilansir dari Genemil.com.

Pengertian Teknologi

Kata teknologi berasal dari kata Latin yang berakar dari kata texere,yang artinya menyusun atau membangun.Teknologi merupakan sebuah perangkat untuk membantu aktivitas kita yang dapat mengurangi ketidakpastian yang disebabkan oleh hubungan sebab dan akibat untuk mencapai suatu tujuan.Teknologi memiliki 2 aspek, yaitu hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Pengertian Komunikasi

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Kata komunikasi berasal dari bahasa latin, communicatus, artinya berbagi atau menjadi milik bersama – mengacu pada upaya yang bertujuan untuk mencapai kebersamaan.

Nah berdasarkan kesimpulan diatas pengertian teknologi komunikasi adalah sebuah sistem peralatan perangkat keras yang dibuat karena adanya kendala dari segi ekonomi,sosial,politik yang digunakan untuk mengatasi ,mempermudah mengumpulkan sesuatu, memproses sesuatu ,dan bertukar informasi.

Berikut ini definisi teknologi komunikasi menurut beberapa ahli:

1.      Everett M Rogers, Teknologi yang dirancang untuk menggerakan peralatan yang berguna mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat, termasuk untuk mencapai yang diinginkan.

2.  Newcomb: Teknologi Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.

3.   Bernard Barelson & Garry A. Steiner, Teknologi Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka,dll.

4.  Colin Cherry, Proses yang dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan mencapai tujuan bersama. 

5.  Hovland, Janis dan Kelley, Proses individu yang mengirimkan rangsangan (stimulus) yang biasa dalam bentuk verbal untuk mengubah tingkah laku orang lain.

6.  Roger, Suatu rancangan alat bantu tindakan yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Teknologi komunikasi merupakan peralatan-peralatan keras, struktur organisasi,dan nilai sosial dimana individu mengumpulkan, memproses terjadinya pertukaran informasi dengan individu lain. 

7.  Robert I. Mathis dan Jhon H. Jackson, Teknologi Komunikasi Adalah perkembangan dan evolusi telekomunikasi dan teknologi yang membantu pengiriman informasi yang cepat.

8.  Eric Deeson,  Kebutuhan manusia dalam mengambil dan memindahkan, mengolah dan memproses informasi dalam kontek sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara menyeluruhan agar dapat menguntungkan secara individual dan masyarakat secara lebih khusus.

9.  Gary J. Anglin, Teknologi sebagai keseluruhan metode secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi di setiap kegiatan manusia. 

1o. Grant,  Sistem saraf dari masyarakat kontemporer, mengirimkan, mendistribusikan, dan mengendalikan informasi, dan menghubungkan berbagai hal yang terpisah. 

11. Onong Uchjana Effendy,  Kemampuan teknik yang berlandaskan ilmu pengetahuan mengenai proses berlangsungnya komunikasi