Negara ASEAN Bersama Histori Singkat

Bagaimana Landasan Yuridis Kedaulatan Negara Republik Indonesia

Association of Southeast Asian Nation (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara sebagai organisasi yang menampung kerja-sama sekian banyak negara di Asia Tenggara.

 

Saksikan :Kenal Pancasila, Peran, Nilai, dan Makna LambangJumlah anggota ASEAN sejumlah 10 negara. Kesepuluh negara bekerja bersama mengawasi kestabilan ekonomi teritori ASEAN dan melindungi daya saing regional.

 

Berikut kesimpulan 10 sekian banyak negara ASEAN dan histori singkat kata.

Histori Singkat ASEAN

ASEAN pertama dibikin pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Diawalnya, ASEAN cuman beranggotakan lima negara, negara asean apa yang terletak paling utara yakni Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Singapura.

 

Pendirian berdasar pada penandatanganan Maklumat Bangkok. Setahun lebih setelah itu susul Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja masuk jadi anggota ASEAN.

 

Maklumat Bangkok diadakan untuk membuat area Asia Tenggara yang damai, aman, konstan serta sejahtera. Hal itu muncul karena keadaan pada tahun 1960-an yang riskan perselisihan sebab efek ideologi beberapa negara besar.

 

Perseteruan antara negara di lokasi tersendiri dianggap punya potensi mengusik kestabilan keamanan dan halangi pembangunan.

 

Dalam susunan organisasi ASEAN punyai Sekretariat Jendral yang ditentukan dan dijadikan Kongres Tingkat Tinggi ASEAN dengan waktu posisi 5 tahun.

 

Sekjen ASEAN waktu ini yang memiliki nama H.E. Lim Jock Hoi asal Brunei Darussalam yang memegang semenjak 2018 sampai 2022. ASEAN sendiri miliki semboyan Satu Misi, Satu Identitas, Satu Penduduk.

 

10 Negara Anggota ASEAN

 

Berikut dijelaskan profile singkat dan ciri-khas dari sekian banyak negara ASEAN:

 

1. Indonesia

Indonesia atau yang disebutkan pun Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu negara yang dipintasi garis khatulistiwa dan dijepit oleh dua benua, ialah Asia serta Australia.

Indonesia pula dijepit oleh dua Samudra ialah Samudra Pasifik serta Hindia. Indonesia diketahui jadi negara kepulauan paling besar di dunia yang mempunyai belasan ribu pulau. Pun, negara dengan masyarakat Muslim paling besar di dunia.

Indonesia berlandaskan skema pemerintah Republik yang dipegang oleh Presiden sebagai kepala negara sekalian kepala pemerintah. Indonesia punyai luas lokasi capai 1.904.569 km persegi dengan komunitas warga 270 juta jiwa (per September 2020).

Pusat pemerintah serta perekonomian Indonesia ada di Ibu Kota Jakarta. DKI Jakarta berada di pulau Jawa, pulau terpadat di Indonesia.

Indonesia miliki semboyan negara ‘Bhineka Tunggal Ika’ yang maknanya ‘Berbeda-beda tapi masih satu’. Salah satunya wujud persatuannya merupakan pemakaian Bahasa Indonesia jadi bahasa sah atau nasional.

Peringatan kemerdekaan Indonesia dirayakan tiap tanggal 17 Agustus, serta mata uang sah yang dipakai yaitu Rupiah.

 

2. Singapura

Singapura adalah negara kepulauan yang berada di ujung Semenanjung Malaya. Singapura terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor serta Indonesia oleh Selat Singapura.

Walau memegang struktur pemerintah berbentuk Republik, tapi kuasa pemerintah dan kepimpinan dijalankan dengan seorang Pertama Menteri. Presiden Singapura waktu ini merupakan Halimah Yacob dan Pertama Menteri Lee Hsien Loong.

Singapura miliki semboyan negara ‘Majulah Singapura’ dengan perayaan kemerdekaan di 9 Agustus. Jadi negara kepulauan Singapura punyai luas daerah 722 ribu km persegi.

Jumlah masyarakat per 2020 menggapai lebih dari lima juta jiwa. Ada empat bahasa sah yang dipakai adalah Mandarin Chinese, Inggris, Melayu, dan Tamil. Sedangkan, mata yang dipakai yaitu Dollar Singapura (S$).

 

3. Malaysia

Malaysia yakni negara yang berpedoman mekanisme pemerintah Federasi Parlementer yang terdiri dari 3 belas negara sisi dan tiga lokasi federasi.

Ibu Kota negara ini ada pada Kuala Lumpur, sementara itu pusat pemerintah federasi ada pada Putrajaya. Malaysia terpisahkan ke dua area adalah, Malaysia Barat dan Malaysia Timur, 2 negara sisi di Malaysia Timur (Sabah serta Sarawak) ada dalam pulau Kalimantan.

Pemerintah negara Malaysia dipimpin dengan orang Pertama Menteri (Muhyiddin Yassin) dengan Raja atau Sultan yang memerintah di tiap negara sisi.

Bentuk pemerintah Malaysia ini mirip dengan mekanisme parlementer Westminster. Malaysia punyai semboyan ‘Bersekutu Makin bertambah Kwalitas’ yang kalau ke bahasa Indonesia bermakna ‘Persatuan Meningkatkan Keunggulan’.

Jumlah masyarakat Malaysia per 2020 gapai 37 juta jiwa lebih dengan luas daerah gapai 330 ribu km persegi. Bahasa sah yang dipakai masyarakat Malaysia ialah Melayu sementara mata uang yang dipakai yaitu Ringgit.

 

4. Brunei

Negara Brunei Berada di utara pulau Kalimantan yang bersebelahan langsung dengan Indonesia dan Malaysia (Sarawak serta Sabah). Metode pemerintah di Brunei ialah struktur Monarki Absolut dengan kepala pemerintah digenggam oleh Sultan (Hassanal Bolkiah).

Komunitas Brunei per 2020 capai 467 ribu jiwa dengan luas tempat 5 ribu km persegi. Ibu Kota Brunei yakni Seri Begawan yang sekalian adalah kota paling besar di negara itu.

Brunei Darussalam mengaplikasikan bahasa Melayu jadi bahasa sah atau nasional dengan Dolar Brunei menjadi mata uang resmi. Hari kemerdekaan Brunei jatuh di tanggal 23 Februari.

 

5. Kamboja

Negara ASEAN lalu Kamboja, yang disebut negara dengan metode pemerintah Monarki Konstitusional. Negara ini diketuai atau diperintah oleh Raja Norodom Sichamoni serta perdana mentri Hun Sen.

Warga Kamboja sebagian besar Buddha dan mengaplikasikan bahasa Khmer sebagai bahasa sah.

Ibukota dari Kamboja yaitu Phnom Penh. Luas lokasi Kamboja sampai 181 ribu km persegi dengan komunitas warga per 2020 sekitar 15 juta lebih jiwa.

Negara dengan semboyan ‘Bangsa, Raja’ ini bersebelahan langsung dengan Thailand di barat, Laos di Utara, Vietnam di timur, serta Teluk Thailand di selatan.

 

6. Vietnam

Yang memiliki nama asli Republik Sosialis Vietnam dengan Kepala Negara Nguyen Phu Trong serta Kepala Pemerintah atau Pertama Menteri Nguyen Xuan Phuc.

Bahasa sah yang dipakai ialah bahasa Vietnam. Komunitas Vietnam per 2020 tercantum lebih dari pada 97 juta jiwa dengan luas daerah 333 ribu km persegi.

Mempunyai ibukota Hanoi, Vietnam bersebelahan langsung dengan Tiongkok di utara, Laos di Barat Laut, Kamboja di Barat Daya dan Laut Cina Selatan di Timur. Mata uang yang dipakai merupakan Donk.

 

7. Thailand

Ke bahasa asli Thailand disebut yaitu Mueang Thai (baca: Meng-Thai) yang memiliki arti Negara Thai. Jadi salah satunya pendiri ASEAN Thailand berpedoman mekanisme pemerintah Monarki Konstitusional.

Kepala Negara Thailand ialah Raja Maha Vajiralongkorn dan Kepala Pemerintah dikerjakan oleh Pertama Menteri Prayut Chan O Cha.

Bahasa sah yang dipakai ialah bahasa Thai dengan Ibu Kota Bangkok. Luas tempat Thailand capai 513 ribu km persegi dengan komunitas warga sampai 66 juta jiwa. Mata uang sah yang dipakai merupakan Baht.

8. Laos

Laos salah satu negara ASEAN yang terkurung dataran. Di utara bersebelahan dengan Myanmar, di barat laut bersebelahan dengan Tiongkok, dengan Vietnam di timur, Kamboja di selatan, serta Thailand di samping barat.

Pada periode lalu Laos disebut Lan Xang atau Negeri Seribu Gajah. Bahasa sah yang dipakai oleh orang Laos yaitu Lao.

Prosedur pemerintah di Laos dilakukan oleh Partai Sosialis Republik, dengan Presiden atau Kepala Negara Bounnhang Vorachith serta Kepala Pemerintah atau Pertama Menteri Thongloun Sisoulith.

Luas lokasi Laos menggapai 236 ribu km persegi dalam jumlah warga per 2020 sekitar tujuh juta jiwa, dengan mata uang sah yang dipakai yakni Kip.

 

9. Myanmar

Myanmar atau yang dahulu dimaksud dengan Burma tergabung jadi anggota ASEAN tahun 1997. Pemerintah yang dilakukan oleh Junta Militer dengan struktur pemerintah Republik Konstitusional.

Pemerintah Myanmar waktu ini digerakkan oleh Min Aung Hlaing sebagai Pimpinan Negara dan Presiden oleh Myint Swe. Ibukota Komersil Myanmar merupakan Yangon serta ibukota administratif ada pada Naypyidaw.

Luas daerah Myanmar capai 676 ribu mtr. persegi dengan komunitas per 2020 menggapai lebih dari 54 juta jiwa. Bahasa sah yang dipakai ialah Burma serta mata uang sah yakni Kyat.

 

10. Filipina

Satu diantaranya negara pendiri ASEAN sebagai negara kepulauan yang berada di Lingkar Pasifik Barat. Mekanisme pemerintah yang dilakukan negara ini yaitu Republik.

Presiden Rodrigo Duterte jadi Kepala Negara Filipina serta Leni Robredo menjadi Wakil. Kota paling besar Filipina yakni Quezon sementara Ibu Kota ada di dalam kota Manila. Filipina memanfaatkan bahasa Filipina dan Inggris sebagai bahasa sah.

Luas area Filipina gapai 300 ribu km persegi dengan komunitas menurut worldometers per 2020 sebesar lebih dari pada 109 juta jiwa. Mata uang sah yang dipakai yakni Peso.

Tonton pun:Kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang Berpengaruhitulah daftar sekian banyak negara ASEAN yang barangkali Anda penting pahami. Menunjuk halaman sekretariat ASEAN, negara apa yang terletak paling utara di asean disebut pada 2011 Timor Leste dengan resmi udah daftarkan diri jadi anggota ASEAN akan tetapi keputusan tergabungnya masih pula dalam pengkajian sepuluh negara anggota ASEAN.