Manfaat Zat Besi, Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak!

Manfaat Zat Besi, Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak!

Kesehatan tubuh merupakan salah satu manfaat zat besi yang bisa dirasakan, kekurangan zat besi akan mengakibatkan sesuatu yang fatal seperti membuat tubuh jadi rawan terserang dengan berbagi penyakit. Salah satu fungsi utamanya adalah membentuk sel darah yang berguna mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Berikut adalah manfaat dari zat besi yang harus diketahui.

1. Dapat Mencegah Penyakit Anemia

Anemia merupakan penyakit yang bisa terjadi dalam sementara waktu atau bahkan dalam jangka panjang, tingkat keparahannya pun bermacam-macam mulai dari ringan hingga berat, penyakit ini merupakan kondisi di mana kadar dari hemoglobin yang merupakan bagian utama dari sel darah merah hanya bisa mengikat oksigen sedikit atau ada di bawah normal.

Salah satu penyebabnya adalah kurangnya asupan zat besi pada tubuh hingga tubuh tidak dapat menghasilkan hemoglobin. Rutin mengonsumsi sumber makanan yang mengandung zat besi dipercaya akan mengurangi risiko terkena penyakit anemia.

2. Dapat Mengurangi Risiko Stunting

Stunting adalah suatu kondisi di mana pertumbuhan seseorang terganggu, hal ini ternyata disebabkan oleh malnutrisi asupan gizi kronis hingga penyakit infeksi kronis yang berulang. Gejala ini dapat ditandai dengan kekurangan tinggi badan.

Stunting dapat diketahui dengan cara anak yang ditimbang beratnya serta diukur panjang badannya lalu dibandingkan dengan standar tinggi serta berat yang sesuai dengan umurnya, jadi seseorang yang mengalami stunting secara fisik akan lebih pendek dibandingkan dengan anak seusianya.

3. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kecerdasan dari seorang anak bukan saja ditunjang oleh faktor genetik, kecerdasan juga harus didukung oleh nutrisi yang baik, dan zat besi adalah salah satunya. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan keterbatasan seperti sulit fokus terhadap sesuatu, serta sulit menyerap informasi yang diterima. Keterbatasan dalam pertumbuhan juga merupakan dampak dari kekurangan zat besi.

Demikianlah beberapa manfaat zat besi untuk Anda serta keluarga, hal yang perlu Anda ingat adalah untuk selalu menjaga asupan yang mengandung zat besi agar kesehatan Anda serta keluarga dapat terjaga, jangan lupa juga untuk membentuk pola makan yang sehat serta berolahraga dengan rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *