kode etik perusahaan

Pentingnya Sebuah Perusahaan Memiliki Kode Etik Perusahaan

Dalam hal berbisnis atau menjalankan kegiatan usaha, sejatinya sebuah perusahaan harus memiliki kode etik perusahaan yang sesuai dengan budaya perusahaannya. Hal ini tentu harus dilakukan mengingat kode etik perusahaan merupakan instrumen penting dalam menjaga aktivitas kestabilan bisnis perusahaan. 

Berjalannya aktivitas bisnis perusahaan tidak hanya dilandasi dengan nilai-nilai pribadi seorang pekerja atau karyawan saja yang bekerja dalam perusahaan tersebut, melainkan dipengaruhi oleh setiap elemen yang terlibat dalam perusahaan. 

Kemudian bagaimana penjelasan mengenai kode etik perusahaan ini? Berikut kami jelaskan dan uraikan penjelasannya. 

Apa itu Kode Etik Perusahaan? 

Kode etik perusahaan merupakan dokumen yang akan menjelaskan prinsip dan pedoman yang menjadi landasan untuk menjalankan aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan di sebuah perusahaan. Seluruh elemen khusus karyawan dan jajaran direksi harus mengikuti kode etik perusahaan yang telah dibuat. Pedoman tersebut dapat meliputi nila-nilai perusahaan, etika kerja, etika bisnis atau norma-norma kepatuhan setiap pekerja di dalamnya. 

Alasan Mengapa Perusahaan Harus Memiliki Kode Etik Perusahaan? 

Untuk menguatkan peran penting kode etik perusahaan, kami akan menjelaskan beberapa alasan terkait pentingnya sebuah perusahaan memiliki kode etik, berikut alasannya:

  • Memperkuat Identitas Perusahaan

Hal pertama alasan pentingnya kode etik perusahaan yaitu untuk memperkuat identitas sebuah perusahaan, hal ini dikarenakan ketika perusahaan kuat secara identitas maka investor dan customer akan lebih percaya terhadap perusahaan tersebut.

  • Menghindari Permasalahan Hukum

Dengan adanya kode etik perusahaan para pekerja atau penanggung jawab perusahaan akan bekerja sesuai dengan nilai-nilai yang telah diatur dalam kode etik tersebut. Sehingga, akan terhindar dari kejahatan seperti pembajakan, manipulasi pajak dan tindakan atau pelanggaran lainnya. 

Contoh Kode Etik perusahaan

Berikut beberapa contoh kode etik perusahaan untuk referensi Anda: 

  1. Aturan Berbusana karyawan
  2. Tindakan disipliner
  3. Budaya perusahaan
  4. Konflik individu
  5. Penggunaan ponsel dan fasilitas perusahaan

Siapa yang Berhak Membuat Kode Etik Perusahaan? 

Pembuatan kode etik perusahaan dilakukan oleh direksi dan dewan komisaris berdasarkan nilai-nilai perusahaan, serta mempertimbahkan dan memperhatikan, integritas, reliabilitas dan visi misi sebuah perusahaan. 

Berikut penjelasan singkat mengenai pentingnya kode etik perusahaan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *