Flat White Adalah Sajian Kopi dengan Racikan yang Mantap

Flat White Adalah Sajian Kopi dengan Racikan yang Mantap

Flat white adalah salah satu sajian yang menggunakan bahan dasar espresso. Rasanya yang krimi membuatnya terasa lembut di lidah. Banyak pecinta kopi yang ingin menikmati perpaduaan sederhana dengan susu namun tidak meninggalkan sensasi pahitnya memilih minuman ini.

Mengenal Flat white Adalah Sajian Kopi

Kopi merupakan salah satu bahan pangan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai bahan baku pembuatan minuman jenis lainnya. Bahan tidak hanya itu, sering juga menjadi komponen bagi makan dan kecantikan.

Racikan minuman kopi bercampur susu ini sudah mulai dikenal pada tahun 1980 dan mulai menjadi sajian standar cafe kopi di Amerika dan Inggris. Hingga kini, belum ada kepastian dari mana resep minuman ini berasal.

Kabarnya flat white ini berasal dari penggemar kopi di Australia dan Selandia Baru. Penyebabnya adalah perpindahan selera dari kopi instan ke racikan kopi yang menggunakan espresso. Namun penikmat kopi ini menginginkan yang bukan cappucino karena kurang menyukai buih susu yang tebal. Kemudian terciptalah sajian kopi yang terdiri dari buih tipis nan lembut. Sampai sekarang, minuman ini telah memiliki penggemarnya sendiri.

Flat white adalah minuman yang berbahan baku espresso. Kadang kala menjadi andalan cafe kopi. Karena keterampilan baristanya yang meracik ramuan ini yang akan menentukan kelembutan dan kenikmatannya. Ciri khas dari sajian ini adalah lapisan buih halus susu yang tipis dan unik. Sehingga peminumnya akan merasakan kelembutannya.

Pada umumnya flat white adalah campuran dari dua komponen, yaitu textured milk dan espresso. Barista tertentu dapat menggunakan volume susu yang berbeda dibandingkan dengan latte. Namun, tidak mengurangi kenikmatannya. Rasanya tetap lembut serta kuat.

Sajian Flat White

Biasana flat white disajikan dalam dua variasi, yaitu dengan bisa dan tanpa busa. semuanya bergantung pada selera konsumen atau tingkat kepandaian barista untuk meramu bahan bakunya. Kenikmatannya juga tetap sama, yang membedakan hanya kehadiran busanya saja dalam secangkir flat white.

  1. Tanpa Foam

Sajian flat white ini adalah yang paling sering ditemukan pada cafe. Terdiri dari one shot espresso yang merupakan ukuran standar dicampur dengan susu yang telah mengalami proses steam atau penguapan.

  1. Dengan Foam

Variasi ini sangat umum dibuat oleh seorang speciality coffee shop. Pasalnya metode yang digunakan membutuhkan keahlian yang mumpuni dari seorang barista. Penyebabnya adalah saat membuat micro foam, sang pembuat harus mampu menciptakan tekstur yang benar-benar halus namun terasa lembut.

Ciri khas yang akan Anda rasakan adalah ketika mengecapnya akan terasa kopi yang cenderung kuat. Kendati demikian, lidah juga akan mengenali teksturnya yang lembut dan halus dalam setiap tegukannya,

Perbedaan sajian satu sama lain  flat white adalah adanya micro foam pada minuman yang memang dibuat dengan menggunakan busa. Kini, Anda dapat memilih mana yang sesuai dengan selera Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *