Fasad Rumah Anda Tampak Biasa? Contek Ide Renovasi Ini!

Fasad dikenal juga sebagai wajah atau muka dari sebuah rumah, sama halnya seperti wanita wajah ini memang menjadi daya tarik utama orang yang melihat, sebelum nantinya akan melihat bagian lain, termasuk diantaranya adalah interior hunian tersebut. Apalagi seiring dengan pertambahan waktu memang tidak dapat dipungkiri juga jika seandainya trend sebuah hunian juga senantiasa mengalami perubahan, gaya arsitektur sampai dengan look wajahnya senantiasa berubah.

Guna melakukan renovasi, apalagi pada bagian fasad pastinya butuh biaya yang tidak bisa dikatakan kecil bukan. Tentunya ada banyak diantara Anda yang sudah mulai ingin melakukan renovasi tersebut, namun masih terkendala masalah dana ini. tak perlu khawatir berikut ini diantaranya beberapa tips yang dapat Anda contek untuk melakukan renovasi tersebut, tentunya dengan biaya yang lebih minim, yaitu:

1. Mengubah warna eksterior, tak perlu melakukan renovasi secara total pada bagian fasad rumah Anda tersebut, cukup dengan sentuhan kecil saja, seperti diantaranya adalah pengecatan ulang atau merubah warna cat dinding yang ada di eksteriornya sebenarnya secara efektif sudah mampu memberikan suasana baru pada rumah tersebut, rumah tampak lebih fresh lagi dibandingkan dengan dulu yang warnanya sudah mulai pudar.

2. Ganti bagian-bagian kecil yang tidak memakan banyak biaya, ingin fasad rumah Anda tidak lagi kuno, maka coba untuk merubah beberapa bagian kecil ini misalnya adalah model pintu dan juga jendela. Nyatanya memang model pintu sampai dengan jendela terlihat sangat jelas mempengaruhi tampilan hunian tersebut. Apalagi memang pintu serta jendela lawas pada dasarnya punya model yang sangat khas.

3. Membuat landscape baru seperti dengan membuat taman, trik lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur landscape di depan rumah Anda, misalnya adalah dengan penambahan taman bunga, selain membantu membuat penampilan rumah menjadi lebih cantik, hal ini juga akan menyehatkan keluarga, karena ada tanaman hijau yang dapat menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen.

4. Tambahkan keramik atau batu alam pada dinding fasad, tidak perlu semuanya, cukup setengah bagian saja sebenarnya sudah cukup efektif untuk mengganti penampilannya jadi semakin kekinian. Hal ini juga bagus untuk mempercantik penampilan rumah Anda. Paling tidak dinding dari keramik atau batu alam ini juga jadi lebih mudah dirawat dibandingkan dengan tembok biasa.

Itulah beberapa ide untuk mengubah fasad rumah, tanpa harus keluar biaya yang besar. Bisa Anda coba sendiri, namun harus tetap siap budget, karena yang namanya renovasi rumah biaya akan selalu bertambah dari waktu ke waktu, tanpa perencanaan yang matang nantinya hal tersebut hanya akan menyulitkan Anda bukan. Catat setiap kebutuhannya serta perhitungkan biayanya secara teliti.