Cara Mencuci Pakaian Dengan Benar Tanpa Mesin Cuci, Ini Yang Wajib Diperhatikan

Suara.com – Tidak sanggup dipungkiri bahwa mencuci pakaian dengan tangan masih permanen diharapkan dalam beberapa jenis pakaian, seperti sandang berbahan halus atau pakaian pada. Hal ini juga berlaku buat pakaian dengan label dry clean. Intinya, sudahkah kita memahami dan paham soal cara mencuci pakaian menggunakan benar tanpa mesin cuci?

Sebagian orang menganggap mencuci pakaian menggunakan tangan sanggup lebih halus dibandingkan mencuci pakaian dengan mesin cuci. Oleh karenanya, tidak ada salahnya buat mengetahui cara mencuci pakaian dengan sahih.

Dilansir menurut halaman good house keeping, berikut cara mencuci pakaian menggunakan benar tanpa mesin cuci.

Cara Mencuci Pakaian dengan Tangan

Baca Juga:6 Kebiasaan Buruk yang Membuat Lemari Pakaian BerantakanIlustrasi sandang kotor. [Shutterstock]

Baca label perawatan buat memastikan jenis kain: sutra, wol, & sebagainya. Gentle detergent sebenarnya sanggup digunakan buat semua jenis bahan sandang. Namun, akan lebih baik bila Anda menyesuaikan jenis sandang sinkron menggunakan label perawatan supaya pakaian menjadi lebih higienis & awet.

Saat mencuci baju, pada beberapa pakaian, Anda mungkin menemukan noda besaryg mengganggu. Untuk membersihkannya, berikan deterjen cair, atau cairan pembersih noda tertentu sambil mengoleskan perlahan dalam noda di sandang (hindari menggosok sandang). Saat merendam, peras pakaian yang berbusa secara perlahan beberapa kali.

Isi bak air dengan air suam-suam kuku atau sesuai label

Baca Juga:Jadi Lebih Kreatif, Ini 7 Alasan Harus Mulai Thrifting dari Sekarang!

Perlu diingat, beberapa jenis sandang seperti wol, sutra, dan pakaian dengan warna cerah paling baik dibersihkan dengan air dingin. Tambahkan deterjen sesuai dosis, abaikan hingga larut di pada air buat kemudian dipakai buat merendam pakaian. Air mungkin berubah karena kotoran yg larut berdasarkan sandang.

Anda mampu menggunakan kran atau selang secara eksklusif buat dialirkan ke sandang yang baru saja dicuci. Namun, Anda jua bisa membarui rendaman air menggunakan air yg baru, rendam kembali, kemudian peras airnya. Ulangi sampai tak terdapat lagi busa yang tertinggal.

Pada beberapa jenis kain, Anda mungkin membutuhkan handuk penyerap buat mengeluarkan air yg tersisa. Caranya, gulung handuk dengan sandang beserta-sama sampai airnya terserap.

Keringkan sandang yg sudah dicuci dengan bentuk terlentang sesuai bentuk pakaian. Pastikan bahwa ke 2 sisi pakaian kemarau.Ilustrasi jemuran. (Pexels/Skitterphoto)

Cara Mencuci Pakaian Dalam menggunakan Tangan

Isi wastafel menggunakan air hangat, atau sinkron suhu yg terdapat dalam label pakaian pada. Gunakan gentle detergent dan abaikan larut ke pada air.

Masukkan sandang pada dengan bahan & warna yang serupa ke pada air lalu rendam selama 30 mnt. Aduk air secara berkala dengan tangan untuk memastikan deterjen sahih-benar larut.

Gunakan metode bilas menggunakan menyemprotkan air bersih secara eksklusif, sebaiknya menggunakan air hangat atau isi bak cuci menggunakan air baru yang bersih, lalu rendam sandang pada pada sana. Peras airnya buat membilas.

Angkat pakaian dari air pembilasan & peras dengan lembut untuk menghilangkan kelebihan air. Gantung sandang pada menurut bentuknya & tunggu sampai kering.

Cara Mencuci Sweater dengan Tangan

Berikut beberapa tahapan yg perlu diperhatikan waktu mencuci sweater dengan tangan, antara lain:Periksa kembali label perawatan pada sweater buat menentukan suhu air & jenis deterjen.Isi wastafel atau ember menggunakan air hangat & larutkan gentle deterjen.Bersihkan noda menggunakan deterjen cair, atau air rendaman. Oleskan cairan penghilang noda ke noda dengan ujung jari (hindari menggosok sweater)Balikkan sweater dari pada ke luar. Celupkan sweater ke pada air dan usap busanya. Rendam setidaknya selama 10 menit.Bilas pribadi menggunakan selang atau keran, atau mampu jua dengan membarui air dengan air baru dan merendamnya.Angkat sweater, peras dengan lembut supaya residu air keluar. Setelah itu, letakkan pada atas handuk penyerap, gulung handuk dan sandang bersama-sama sampai airnya terserapLetakkan sweater ke atas handuk pengering, abaikan mengering. Setelah bagian depan kering, balikkan.

Itu beberapa hal yang jadi perhatian soal cara mencuci pakaian dengan sahih. Semoga bisa berguna!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *