Berita Sepak Bola Nasional di Tahun 2019-2022

Julio Baluenos Saez - Galeri Pelatih - Bola Nusantara
source gambar : bolanusantara.com

Seseorang tentunya akan selalu mencari tahu informasi terkait hal-hal yang disukainya. Begitupun para pecinta sepakbola tentunya akan selalu mencari tahu berita-berita yang berhubungan dengan sepakbola. Karena memang, berita-berita tentang sepakbola ini sangat menarik untuk disimak.

Nah, dalam kesempatan kali ini akan memberikan berita sepak bola nasional di tahun 2019-2022 sebagai berikut:

  1. Kiprah Pelatih Asing di Persija Jakarta

Persija Jakarta secara resmi melepas pelatih asing Julio Banuelos Saez beserta asistennya, Eduardo Perez setelah kalah dari Bali United di kompetisi Liga 1 2019, Kamis (19/09/19).

Hal ini menjadi kali kedua Persija Jakarta memecat pelatih asing musim ini. Sebelumnya, Ivan Kolev pun didepak dari kepelatihan tim Macan Kemayoran.

Kedua pelatih Julio buenoz saez serta ivan kolev tersebut telah gagal memenuhi ekspektasi manajemen dan suporter untuk bisa mempertahankan prestasi Persija Jakarta, yang sebalumnya menjadi juara Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018.

Era kepelatihan Stefano ‘Teco’ Cuguura bisa dibilang sebagai era terbaik Persija Jakarta, dimana selain meraih trofi Piala Presiden dan Liga 1, juga mendapatkan titel juara dari turnamen Boost Super Fix 2018 di Malaysia.

Sebagai pelatih asing, Teco paham betul bagaimana cara memanfaatkan potensi pemain Macan Kemayoran musim lalu, baik pemain lokal maupun asing, baik senior ataupun muda.

 

  1. Shin Tae-yong Coret 11 Pemain Timnas U-19

Baru-baru ini pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yon, telah mencoret 11 nama pemain. Dengan demikian, kini hanya tersisa 35 pemain yang akan mengikuti lanjutan pemusatan latihan pada tahap berikutnya. Pencoretan ini dilakukan beliau setelah melihat performa mereka selama empat hari sejak Jumat (7/8/2020). Shin Tae-yon melakukan pencoretan pemain pada Senin (10/8). Awalnya ada 46 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani latihan bersama Timnas U-19. Namun, ada sembilan pemain yang absen sejak latihan perdana.

“Setelah mendapat informasi dari pelatih Shin Tae-yong, 11 pemain ini kami kembalikan ke klub. Sisa pemain yang ada akan mengikuti TC hingga kami berangkat ke luar negeri,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

 

  1. Haruna Soemitro: Shin Tae-yong Tidak Akan Dipecat dan Akan Melatih Timnas Indonesia Hingga Kontraknya Habis

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Harun Sumitro mencoba untuk mendinginkan suasana dengan menjamin tidak akan memecat Shin Tae-yong dari kepelatihan Timnas Indonesia pasca Piala AFF 2020 di Singapura.

Hari Sumitro menjamin bahwa pelatih asal Korea Selatan itu akan tetap mengarsiteki Timnas Indonesia hingga kontraknya habis pada 2023.

Shin Tae-yong telah menandatangani perjanjian selama empat tahun dengan PSSI pada Desember 2019 yang lalu. Shin Tae-yong diangkat sebagai manajer peltih Timnas Indonesia. Kontraknya baru habis pada Desember 2023.

Pasca Piala AFF 2020, PSSI dan Shin Tae-yong telah menggelar rapat evaluasi. Dalam rapat tersebut, Haruna mengkritik Shin Tae-yong. Ia meminta Shin Tae-yong untuk tidak lagi membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up di Piala AFF 2022.

Di Piala AFF yang digelar di Singapura, Tim Garuda yang mayoritas dihuni oleh pemain muda gagal menjadi yang terbaik setelah ditaklukan Thailand dengan agregat 2-6 di final. Meskipun demikian, komposisi pemain Garuda cukup menjanjikan ke depannya mengingat mereka rata-rata merupakan pemain muda yang masih minim pengalaman.

“Kami tidak dalam konteks mengevaluasi dan kemudian memecat Shin Tae-yong. Sama sekali tidak.” kata Haruna Soemitro.

“Sebab ada kesepakatan di Exco maupun PSSI bahwa Shin Tae-yong bertahan hingga kontraknya habis pada 2023. Itu ada jaminan yang diberikan PSSI kepada Shin Tae-yong. Soal kinerja, kami harus bersama-sama duduk bareng. Soal memberikan masukkan kan itu biasa saja, tidak ada yang aneh,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *