Begini 4 Cara Menikmati Kopi yang Unik dan Jarang Diketahui

Begini 4 Cara Menikmati Kopi yang Unik dan Jarang Diketahui

Kopi merupakan minuman yang banyak digemari oleh masyarakat di seluruh dunia. Ada banyak sekali varian dari kopi, sehingga cara menikmatinya pun beragam. Mulai dari menyajikannya dalam bentuk original, menambahkannya dengan susu, dan berbagai cara lainnya. Nah, berikut ini akan dibahas mengenai 4 cara menikmati kopi  yang unik!

1. Plunger atau French Press

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menikmati kopi dengan cara yang unik dan jarang diketahui adalah dengan menggunakan metode plunger atau french press. Cara ini digunakan agar kopi yang Anda minum tidak memiliki ampas di dalamnya. Hampir sama dengan pembuatan kopi tubruk, tetapi kopi yang digunakan harus sudah digiling kasar.

French Press atau plunger ini merupakan metode yang telah dipatenkan oleh Attilio Calimani, seorang desainer asal Italia, tepatnya pada tahun 1929. Kopi yang dibuat menggunakan teknik ini dan dengan bahan yang digiling kasar, rasanya tidak akan begitu pahit jika dibandingkan dengan bahan kopi yang sudah digiling halus.

2. Turkish Coffee

Cara unik selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menikmati kopi adalah dengan menggunakan teknik dari Turki yang bernama Turkish Coffee. Teknik ini dapat dikatakan sebagai metode penyeduhan kopi tertua, sebab Turki juga merupakan salah satu negara pertama yang mengenal pembuatan kopi.

Untuk dapat menikmati kopi dengan menggunakan metode ini, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Yang pertama adalah siapkan cezve, alat untuk menyeduh kopi ala Turki. Setelah itu tambahkan 5 sendok bubuk kopi halus dan 3 sendok gula. Tambahkan air panas kemudian aduk, panaskan tetapi jangan sampai mendidih.

3. Pour Over

Metode penyeduhan untuk dapat menikmati kopi selanjutnya adalah metode pour over. Untuk saat ini, metode ini paling banyak digunakan oleh para Barista dalam menyeduh kopi secara manual. Caranya adalah dengan menuangkan air panas ke dalam penyaring yang berisi bubuk kopi.

Kopi yang dihasilkan dengan menggunakan metode ini akan terlihat jernih dan tidak menyisakan ampas pada bawahnya. Ekstraksi pada kopi dapat dikontrol jika menggunakan metode ini. Untuk itu, Anda dapat menggunakan metode ini sebagai salah satu cara menikmati kopi agar rasanya lebih terasa enak.

4. South Indian Filter

Teknik menikmati kopi selanjutnya adalah dengan menggunakan metode South Indian Filter. Seperti namanya, teknik ini berasal dari India Selatan yang sangat unik. Untuk dapat menggunakan teknik ini, Anda harus mempunyai saringan khusus dari India Selatan yang di dalamnya terdapat dua ruang.

Masukkan bubuk kopi dan tuangkan air yang telah mendidih ke atas bubuk tersebut setelah itu biarkan kurang lebih 7 hingga 10 menit. Anda juga bisa mencampurnya dengan susu ataupun gula sesuaikan dengan selera Anda.

Nah, itulah tadi pembahasan singkat mengenai 4 cara menikmati kopi yang unik dan jarang diketahui oleh banyak orang. Anda bisa memilih dari salah satu cara unik tersebut untuk dapat menikmati kopi Anda. Hal ini tentunya akan memberikan kesan ngopi yang unik dan tak akan terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *