6 Manfaat Minuman Coklat bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Minuman Coklat bagi Kesehatan Tubuh

Cokelat diproses dari biji kakao yang akhirnya akan diubah menjadi bahan makanan atau minuman setengah jadi dan makanan siap saji. Olahan coklat menjadi makanan setengah jadi semakin banyak variasinya. Salah satu varian coklat yang paling banyak dikonsumsi untuk minuman adalah kemasan susu coklat sachet. Adapun manfaat meminum coklat bagi kesehatan.

1.   Menaikkan Mood

Hormon kortisol yang dihasilkan saat tubuh sedang stres diyakini dapat turun dengan konsumsi coklat. Kandungan coklat dalam minuman juga mampu menyalurkan sinyal ke otak untuk melepaskan hormon endorfin sekaligus hormon serotonin. Hormon endorfin adalah hormon yang membuat mood menjadi baik dan perasaan bahagia muncul. Bisa mencoba dengan minum coklat panas di pagi hari untuk membangkitkan mood.

2.   Memberikan Efek Kenyang

Minuman coklat kental sebelum makan dapat memberikan rasa kenyang. Sehingga setelah itu Anda hanya bisa makan dengan porsi sedikit. Rasa kenyang juga menghambat keinginan untuk konsumsi cemilan yang mampu menaikkan berat badan. Minuman cokelat yang dikonsumsi sebelum makan bisa mengendalikan nafsu makan sehingga dapat menjaga tubuh tetap ideal.

3.   Merawat Jantung

Coklat mengandung flavonoid yang dapat membantu aliran darah lancar. Sehingga membantu merendahkan tingkat resiko pada penyumbatan pembuluh darah. Salah satu bahan minuman yang baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung maupun stroke. Perlu ada penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas coklat dalam membantu pencegahan stroke.

4.   Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Melanjutkan poin sebelumnya mengenai kandungan flavonoid yang berperan dalam membantu melancarkan aliran darah. Salah satu efek positifnya adalah mengontrol gula dalam darah. Cokelat tanpa kandungan gula atau jenis dark cokelat jika dikonsumsi dapat mendukung pencegahan resistensi insulin serta diabetes. Namun untuk poin ini pilih cokelat yang tidak mengandung tambahan gula yang justru dapat mengakibatkan diabetes.

5.   Merendahkan Tingkat Kolesterol

Tingkat kolesterol jahat atau LDL di dalam darah dapat diturunkan dengan coklat. Salah satu manfaat minum coklat yaitu mendukung pencegahan kolesterol yang menumpuk di dalam pembuluh darah. Kolesterol yang  menurun dapat mencegah terjadinya gejala penyakit jantung dan stroke. Akan tetapi penelitian tersebut masih dilakukan dalam skala kecil dan perlu pembuktian dengan penelitian lanjutan.

6.   Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat dari kandungan flavonoid dalam coklat lainnya yaitu membantu daya ingat dan mudah dalam berkonsentrasi. Ada pula kandungan lain dari coklat yaitu epikatekin membantu kinerja penurunan risiko terjadinya fungsi otak yang sebagai sumber penyebab demensia atau pikun.

Itulah berbagai manfaat minum susu coklat sachet bagi kesehatan tubuh. Coklat tidak hanya enak untuk dinikmati namun juga banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Bijak dalam konsumsi coklat, apalagi yang mengandung gula tambahan. Pemanis tambahan pada minuman coklat dapat mengakibatkan obesitas, kerusakan pada gigi, berjerawat, dan mudah alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *