4 Manfaat Melestarikan Lingkungan Bagi Makhluk Hidup

4 Manfaat Melestarikan Lingkungan Bagi Mahluk Hidup

Salah satu cara menjaga kualitas kehidupan dengan dengan melestarikan lingkungan. Pernyataan yang mudah untuk diucapkan, namun bagi sebagian orang hal ini merupakan perilaku yang amat sulit diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal manfaatnya tidak hanya untuk sekarang. tetapi juga untuk masa mendatang.

Manfaat Menjaga Kelestarian Lingkungan

Sementara sebagian orang sibuk berwacana tentang bagaimana menjaga kelestarian lingkungan, terdapat beberapa orang yang dalam diam melakukan banyak hal untuk mengejawantahkan hal tersebut. Karena menyadari bahwa ada banyak manfaat yang dapat dinikmati oleh semua orang.

Lingkungan Menjadi lebih Segar

Dengan menjaga lingkungan, maka udara akan terasa lebih segar. Pasalnya tanaman akan menjalankan fungsinya sebagai penyerap gas berbahaya atau polutan. Pepohonan yang rindang juga akan membuat teduh bagi setiap orang yang membutuhkannya.

Mencegah Bencana Alam

Dalam skala luas, banyaknya pepohonan selain mengurangi tingkat polusi juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah banjir. Karena akarnya yang kuat berfungsi untuk menyerap air.

Tidak hanya banjir yang dapat dicegah oleh rimbunya pepohonan, tanah longsor pun salah satu bencana alam yang mampu dihindari kejadiannya hanya dengan menanam tanaman yang tepat pada daerah rawan longsor. Tebing atau pinggiran sungai.

Perlindungan Bagi Makhluk Hidup

Kelestarian lingkungan akan menjadi jaminan bagi makhluk hidup terutama hewan mendapatkan rumah yang layak untuk hidup dan berkembang biak. Habitat asli binatang liar tersebut memang berada pada daerah yang banyak pepohonan.

Burung-burung akan kembali membuat sarang pada batang tanaman yang tinggi. lebah-lebah mulai mencari nektar untuk dikumpulkan pada sarangnya sehingga manusia dapat memperoleh masuk sebagai salah satu makanan kesehatan.

Dengan banyaknya serangga, maka tumbuhan akan dapat menghasilkan, karena keberadaan hewan tersebut akan membantu proses penyerbukan. Ujungnya yang diuntungkan adalah tetap manusia karena selain mendapatkan udara yang sejuk, alam akan lebih serasi dengan nyanyian burung dan bunga yang bermekaran.

Mengurangi Pencemaran

Salah satu cara menjaga lingkungan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selalu letakkan  pada tempat yang tepat. Hal ini akan mengurangi beban tanah untuk menguraikannya, terutama jika sampahnya adalah plastik.

Sebagian masyarakat masih membuang sampah di badan air, terutama sungai. Padahal, sampah yang menumpuk akan menyumbat aliran sungai. Akibatnya sangat fatal, dari yang tampaknya saja sederhana, misalnya pendangkalan sungai, sampai terjadinya banjir.

Padahal penyebabnya hanya sederhana, yaitu membuang sampah sembarangan. Pada tingkat lanjut, akan terjadi kematian sejumlah hewan-hewan air yang akan dilanjutkan dengan proses pembusukan.

Padahal, di kota besar, sumber air minum yang digunakan oleh PDAM adalah sungai. Jika tingkat pencemarannya tinggi, maka akan berimbas pada baku mutu air minum serta naiknya biaya penjernihan yang harus ditanggung oleh pengguna.

Dengan melestarikan lingkungan, Anda memberikan kontribusi pada kelangsungan setiap makhluk hidup. Kesimpulannya adalah menjaga lingkungan selain menyelamatkan hewan, juga menyelamatkan diri sendiri dan orang yang Anda sayangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *