10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (terbaru Tahun 2022)

Dewasa ini, mesin cuci makin banyak jenisnya. Secara umum ada tiga tipe mesin cuci, yaitu top loading & front loading (1 tabung) dan tipe manual (dua tabung). Ada juga mesin cuci portabel yg cocok buat orang yang tinggal sendiri. Karena jenisnya majemuk, relatif sulit untuk menemukan mesin cuci yg sinkron dengan kebutuhan Anda.

Pada kesempatan ini, kami akan mengulas merk mesin cuci terbaik, misalnya Samsung, LG, Sharp, Polytron, dan lain-lain. Selain itu, kamu pula telah menyiapkan tips menentukan mesin cuci yang rupawan untuk Anda. Silakan disimak!Pembaharuan terakhir: 26 Januari 2022

Ketika menentukan mesin cuci, pilihlah produk yang paling sinkron menggunakan gaya hayati Anda. Berikut adalah poin-poin yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih mesin cuci yg tepat.

Pilihlah mesin cuci menurut tipenya

Mesin cuci terbagi ke dalam 3 kategori, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan manual atau dua tabung. Jenis manakah yg cocok menggunakan kebutuhan Anda? Mari temukan bersama melalui penjelasan pada bawah ini!

Tipe top loading: Memiliki daya cuci yg baik menggunakan harga yg terjangkau

Keunggulan berdasarkan mesin cuci tipe top loading adalah kemampuan daya cucinya yang bertenaga dan harga yang terjangkau. Tipe ini bekerja memakai air pada jumlah banyak sehingga sanggup membersihkan kotoran menggunakan lebih gampang. Selain itu, mesin cuci top loading jua mudah digunakan. Pasalnya, Anda nir perlu membungkuk waktu memasukkan atau mengambil cucian sehingga punggung lebih nyaman.

Baiknya lagi, air & detergen bisa menjangkau seluruh tabung pencucian sehingga tidak meninggalkan sisa detergen penyebab fungi. Tetapi, karena daya putarnya sangat bertenaga, sandang cenderung terjerat satu sama lain dan bisa mengakibatkan kerutan.

Di sisi lain, fungsi pengeringan menurut mesin cuci tipe ini nisbi lebih lemah dibandingkan tipe front loading. Sebab, proses pengeringan dalam mesin cuci ini umumnya hanya memanfaatkan udara hangat sebagai akibatnya hasilnya kurang optimal. Jika Anda menginginkan sistem pengeringan yang baik & optimal, tipe front loading lebih direkomendasikan.

Tipe front loading: Mengeringkan menggunakan optimal & hemat air

Mesin cuci tipe front loading memiliki kemampuan pengeringan yang sangat baik. Karenanya, tipe ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengeringkan pakaian menggunakan optimal. Ditambah lagi, mesin cuci ini jua memerlukan lebih sedikit air dibanding tipe top loading. Sayangnya, kemampuan pembersih kotoran berdasarkan mesin cuci ini kurang optimal. Dari segi harga, mesin cuci jenis ini jua relatif tinggi.

Mesin cuci front loading bekerja dengan cara mengangkat pakaian & menjatuhkannya ke pada air. Dengan begitu, sandang nir akan saling terjerat dan menyebabkan kerutan. 

Menariknya lagi, masih ada beberapa produk yang dilengkapi fungsi praktis, seperti mencuci menggunakan air hangat dan menghilangkan kerutan. Namun, dibutuhkan perawatan rutin karena mesin cuci sulit dibersihkan & serat menurut sandang acapkali menyumbat filter-nya.

Tipe 2 tabung: Efektif merontokkan kotoran

Sesuai namanya, mesin cuci tipe 2 tabung (manual) memiliki tabung pencuci & pengering yang terpisah. Untuk dapat bekerja optimal, volume air yg dibutuhkannya cenderung lebih akbar dibandingkan 2 tipe mesin cuci lainnya. Akan tetapi, arus air di dalamnya menjadi lebih kencang sehingga sangat efektif merontokkan kotoran.

Jenis mesin cuci ini sangat pas digunakan buat membersihkan kotoran yang membandel, misalnya noda lumpur. Kekurangannya, Anda harus memindahkan pakaian menurut tabung cuci ke tabung pengering secara manual.

Sesuaikan kapasitas mesin cuci menggunakan jumlah pengguna & kebiasaan mencuci

Saat memilih kapasitas mesin cuci, sangat krusial buat mempertimbangkan jumlah anggota keluarga & norma mencuci di tempat tinggal. Sebagai acuan, bobot sandang kotor yg biasa didapatkan satu orang dalam sehari adalah sekitar 1,5 kg. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap ini dia.

Untuk orang yang tinggal sendiri, pilih mesin cuci berkapasitas 6–7 kg

apabila Anda tinggal sendiri, mencuci sandang setiap hari cukup membuat repot. Akan lebih baik jika mengumpulkan pakaian kotor dan mencucinya setiap 3 hari sekali. Untuk itu, mesin cuci berkapasitas 6–7 kg adalah pilihan yg ideal buat Anda. Mesin cuci ini umumnya memiliki ukuran yang ramping dan harga terjangkau.

Gunakan mesin cuci berkapasitas 8–10 kg buat dua orang dan 11 kg atau lebih buat empat orang

Seandainya Anda tinggal berdua, sandang kotor yg ditumpuk selama dua hari bisa mencapai bobot kurang lebih 6 kg. Oleh karena itu, pilihlah mesin cuci berkapasitas lebih kurang 8–10 kg agar Anda nir terlalu tak jarang mencuci.

Untuk empat orang dan satu anak mini, mesin cuci berkapasitas lebih kurang 11 kg atau lebih sangatlah ideal. Dengan kapasitas ini, Anda bisa menumpuk pakaian & mencucinya sekaligus di akhir pekan. Sebagai tambahan, gunakan mesin cuci berkapasitas lebih berdasarkan 12 kg bila keluarga Anda beranggotakan enam orang atau lebih.

apabila ingin mengeringkan pakaian, periksa pula kapasitas tabung pengeringnya

Apabila Anda akan membeli mesin cuci tipe front loading atau 2 tabung, periksa jua kapasitas tabung pengeringnya. Umumnya, tabung pengering memiliki kapasitas yang lebih minidibandingkan tabung pencuci. Sebagai model, mesin cuci berkapasitas cuci 10 kg mempunyai tabung pengering berkapasitas lima kg.

apabila Anda mencuci pakaian sebanyak 10 kg, Anda harus membaginya sebagai dua bagian ketika proses pengeringan. Karenanya, pilihlah produk yg kapasitas tabung pengeringnya tidak terlalu kecil sebagai akibatnya Anda tidak perlu mengeringkan pakaian berkali-kali. Jika Anda berencana memakai pengering sandang setiap hari, pastikan buat mengusut fungsi pengeringnya.

Periksa dimensi & kedalaman mesin cuci serta arah bukaan pintunya

Saat membeli mesin cuci, hal yang tidak kalah krusial buat diperhatikan merupakan dimensi, kedalaman, serta arah bukaan pintunya. Berikut penjelasannya.

Untuk tipe top loading, pilih yang tingginya lebih kurang 90 centimeter supaya gampang dijangkau

Jika Anda memilih mesin cuci tipe top loading, jangan hanya terpaku pada ukuran dan ruang pemasangannya, tetapi perhatikan juga tingginya. Pilihlah mesin cuci dengan tinggi sekitar 90 centimeter, khususnya apabila Anda wanita. Hal ini agar Anda dapat menjangkau hingga bagian dasar bak cuci sebagai akibatnya lebih gampang memasukkan dan mengeluarkan cucian.

Untuk tipe front loading, perhatikan arah bukaan pintu & lebar maksimum waktu dibuka penuh

Mesin cuci tipe front loading mempunyai pintu yg terbuka ke depan. Oleh karenanya, Anda perlu memeriksa terlebih dahulu apakah pintunya terbuka ke kanan atau ke kiri. Pilihlah yang sinkron dengan lokasi pemasangannya agar Anda tidak kesulitan saat membuka pintunya.

Mengetahui lebar maksimum menurut pintu mesin cuci ketika terbuka penuh jua sangatlah penting. apabila pintunya terlalu besardan tak sanggup terbuka lebar, Anda akan kesulitan waktu memasukkan dan mengeluarkan cucian. Karenanya, pilihlah produk dengan berukuran pintu yang memungkinkan Anda membukanya secara aporisma.

Mesin cuci terbaru dilengkapi menggunakan banyak sekali fitur canggih. Salah satunya adalah fungsi smartphone cooperation. Namun, makin poly fungsi yang dimiliki, makin mahal pula harga produknya. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih produk yang fungsi & harganya sinkron menggunakan budget & kebutuhan Anda.

Smartphone cooperation, dapat mengontrol mesin cuci meski sedang jauh dari rumah

Membiarkan sandang pada pada mesin cuci terlalu usang dapat mengakibatkan fungi dan kerutan. Dengan mengatur saat akhir pencucian tepat ketika Anda sampai ke rumah, Anda bisa mengeluarkan cucian dengan segera. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa kapan cucian akan selesai sehingga efektif buat mencegah cucian lupa dijemur.

Fungsi smartphone cooperation memungkinkan Anda melihat status pencucian dengan gampang meski sedang tidak berada di tempat tinggal. Fungsi ini adalah perlengkapan baku dalam pembuat ternama, seperti Toshiba dan Panasonic. Tersedianya fungsi ini menciptakan proses mencuci jadi lebih efisien dan ekonomis ketika. Fungsi ini ideal buat orang-orang yg ingin menciptakan sistem smart home atau tempat tinggalpintar.

Fungsi automatic cleaning, bisa mengurangi frekuensi pembersihan tabung cuci

Umumnya, tabung mesin cuci perlu dibersihkan secara berkala pada jangka waktu satu sampai dua bulan. Dengan adanya fungsi automatic cleaning, Anda hanya perlu membersihkannya tiap 3 sampai empat bulan sekali. Tetapi, meski frekuensinya berkurang, bukan berarti Anda tak perlu membersihkannya sama sekali. 

Untuk tipe front loading, lebih aman apabila mesin cuci dilengkapi fungsi child lock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *